Senin, 02 Januari 2017

PROPOSAL PENDIRIAN PAUD



PROPOSAL
PENDIRIAN TAMAN KANAK-KANAK (TK)
“LESTARI INDAH”
Alamat: Jalan Ahmad Dahlan no. 9 Pucuk, Kabupaten Lamongan

 






 
TK
LESTARI INDAH

Diajukan Kepada:
Kepala Dinas Pendidikan Lamongan

Disusun Oleh:
Dewi Citra Resmi Sangdia Pitaloka
(Direktur)

Yayasan PKK Desa Leran
Lamongan
2016


A.    LATAR BELAKANG
Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa taman kanak-kanak termasuk pendidikan anak usia dini yang memberikan pembinaan bagi anak dari sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan. Pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan rohani anak agar memiliki kesiapan lebih lanjut memasuki pendidikan selanjutnya (Depdiknas, 2003).
Usia dini merupakan masa keemasan (golden age). Oleh karena itu pendidikan pada masa ini merupakan pendidikan yang sangat fundamental serta menentukan perkembangan anak. Pendidik yang kompeten dan profesional akan dapat membantu perkembangan pada tingkat yang optimal. Tetapi kenyataannya masih banyak lembaga yang tenaga pendidiknya kurang mampu menguasai kurikulum. Masih banyak guru yang mengajar belum sesuai dengan panduan kurikulum.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Pendidikan anak usia dini sebagai salah satu bentuk penyelenggaran pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan, baik koordinasi motorik (halus dan kasar), kecerdasan emosi, kecerdasan jamak (multiple interlligences), maupun kecerdasan spriritual.  Sesuai dengan keunikan dan pertumbuhan anak usia dini. Penyelenggaran pendidikan bagi anak usia dini disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak ( Suyadi, 2014: 22-23 ).
Dengan demikian salah satu tujuan dari pendirian TK LESTARI INDAH yaitu tidak lain untuk membantu mencerdaskan anak bangsa sebagai generasi penerus yang sehat, cerdas, dan ceria. Pendidikan anak usia dini usia dini sangat penting bagi pendidikan selanjutnya setelah keluarga, karena anak akan belajar dan mengembangkan seluruh aspek perkembangannya melalui pendidikan anak usia dini. Selain itu untuk membantu para orang tua mendidik anaknya di Lembaga TK.
B.     VISI
“Terwujudnya anak yang ceria, cerdas, terampil, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan global yang dapat bersaing pada jenjang yang akan datang”

C.    MISI
a.       Menciptakan suasana anak bermain sambil belajar yang nyaman dan menyenangkan
b.      Mewujudkan kemandirian dan keberanian anak dalam melakukan sesuatu
c.       Mendorong dan membantu anak pada didik agar memiliki ketrampilan/ keahlian/ kecakapan yang dapat dikembangkan secara professional
d.      Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianutnya serta budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
e.       Membekali anak didik di pendidikan yang berlanjut

D.    TUJUAN
a.       Mempersiapkan anak usia dini untuk memasuki pendidikan dasar dengan belajar sambil bermain
b.      Terwujudnya suasana TK yang kondusif, administrasi yang transparan dan tertib
c.       Membina dan mengasuh peserta didik dengan penuh kasih sayang, cinta dan kesabaran
d.      Mengembangkan minat agar anak cerdas, kreatif, terampil dan mandiri.

E.     KOMPETENSI LULUSAN
1.      Anak mampu menghafal doa-doa untuk kegiatan sehari-hari
2.      Anak mampu menghafal pancasila dengan benar
3.      Anak mampu menghitung dan membilang angka 1-100
4.      Anak mampu berperilaku sopan kepada orang yang lebih tua
5.      Anak mampu membaca dan menulis dengan rapi tanpa bantuan
6.      Anak mampu mengenal warna, bentuk pola, dan jenis pola.

F.     KURIKULUM DAN JADWAL KEGIATAN
1.    Kurikulum
Kurikulum yang diterapkan di TK LESTARI INDAH yaitu menggunakan Kurikulum 2013
(Terlampir)

2.    Jadwal Kegiatan
No
Hari
Waktu Pembelajaran
Waktu Extra
Keterangan
Guru Extra
1.
Senin
07.30 – 10.30 WIB
10.30 – 11.30 WIB
Extra CALISTUNG
(Membaca, Menulis,  dan Berhitung)
Dewi Citra., M.Pd
2.
Selasa
07.30 – 10.30 WIB
10.30 – 11.30 WIB
Extra Tari
Ayu Rahma., S.Pd
3.
Kamis
07.30 – 10.30 WIB
10.30 – 11.30 WIB
Bahasa Inggris
Zahrotun Nisa’., S.Pd
4.
Sabtu
07.30 – 10.00 WIB
10.00 – 11.30 WIB
Extra Agama
Nur Ayu Lestari, S. Pd.

Keterangan :
1.    Ekstra CALISTUNG ( Membaca, Menulis, dan Berhitung )
Tujuan dari diadakannya Ekstra CALISTUNG ini yaitu sebagai wadah untuk anak agar lebih rajin lagi dalam membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu dapat menambah kemampuan anak pada kecerdasan linguistic, logical matematik, dll. Dalam ekstra calistung anak akan diajarkan untuk menulis dengan baik, cara mengenal huruf, membaca, dan berhitung, diantaranya membilang angka.
2.      Ekstra Tari
Tujuan diadakannya ekstra Tari ini yaitu sebagai wadah untuk anak menyalurkan bakatnya dalam bidang seni tari, selain itu membantu anak untuk mengembangkan perkembangan gerak motorik kasar dan halus. Dalam ekstra Tari ini, anak akan diajarkan dan dikenalkan berbagai jenis tarian tradisional dan tarian modern.
3.        Ekstra Bahasa Inggris
Tujuan dari diadakannya ekstra Bahasa inggris ini agar anak mampu menambah wawasan serta basic-nya dalam berbahasa inggris, selain itu sebagai wadah bagi anak untuk dijadikan pondasi awal sebelum menempuh dijenjang pendidikan selanjutnya. Dalam ekstra bahasa inggris anak akan dikenalkan benda-benda disekitar anak dengan menggunakan bahasa inggris, huruf abjad, angka, dan cara membaca yang baik secara perlahan.
4.        Ekstra Agama
Tujuan dari diadakannya Ekstra Agama ini yaitu agar anak mampu dan memahami apa saja yang baik dan buruk menurut agama masing-masing. Contoh jika ada anak yang beragama Islam, guru akan mempraktikkan b agaimana gerakan sholat, membaca dan menghafal doa-doa pendek.

3.        RPPH
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK LESTARI INDAH
Semester / Bulang / Minggu      : I / November / 13
Hari / Tanggal                            : Senin / 5 November 2016
Kelompok / Usia                        : B / 5-6
Tema / Sub tema                        : Binatang / Tempat Hidup dan Perkembangbiakan
Materi                                        : 1. Mengetahui jenis binatang laut
                                                     2. Mengetahui Ciri- ciri binatang laut
                                                     3. Mengetahui perkembangbiakan binatang
Kegiatan Main                           : Sentra Kreativitas
Media                                        : Poster bergambar binatang, gartu bergambar binatang, dan miniatur binatang laut
Alat dan Bahan                        : Buku tulis, pensil, krayon atau pensil warna, kartu bergambar, poster, dan miniature binatang.
Kompetensi dasar                     : 1.1, 1.2, 2.2, 2.9, 2.12, 3.3, 4.3, 3.8, 4.8, 3.15, 4.15
Proses kegiatan
1.      Pijakan sebelum main
SOP Penyambutan anak datang
Ø  Guru menyamput kedatangana anak
Ø  Mempersilahkan anak untuk menaruh tas dan sepatu di tempatnya
Ø  Guru mempersilahkan anak untuk bermain sejenak dengan temannya sebelum kegiatan dimulai.
A.    Pembukaan
Ø  Guru dan anak duduk bersama membentuk lingkaran
Ø  Bernyanyi sambil bertepuk, dengan lagu “ lumba-lumba mungil”
Ø  Guru memberi kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalamannya tentang binatang lau yang diketahui anak
Ø  Guru memberi penguatan dengan bercerita menggunakan media poster dan kartu bergambar binatang laut
Ø  Selesai bercerita  anak-anak diajak untuk mengamati nama binatang, ciri-ciri binatang dan makanannya
Ø  Berdiskusi terkait macam-macam makanan binatang dan ciri-ciri binatang adalah ciptaan tuhan
Ø  Berdoa bersama sebelum belajar
Ø  Menggunakan kata tolong, terimakasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
Ø  Menerangkan kegiatan hari ini dan membuat aturan yang akan digunakan saat bermain.
Ø  Sebelum kegiatan dimulai guru mengajak anak bertepuk.
“Tepuk Semangat”
Prok.. prok.. prok,, Huu,,,,
Prok.. prok.. prok,, Haa ,,,
Prok.. prok.. prok,, Huuu,,, Haaa,,,
Ayo dong,,, semangat dong,, Dang ding dong,,,
2.      Pijakan  saat main
Ø  Guru membacakan aturan saat bermain,
Ø  Guru menjelaskan serta memberi contoh terlebih dahulu kepada anak
Ø  Anak bermain dan mengerjakan tugas,
Ø  Guru mengawasi dan mendampingi anak saat bermain
B.     Istirahat
Pijakan setelah bermain,
SOP Setelah main
Ø  Anak membereskan peralatan ditempatnya
Ø  Mencuci tangan secara bergantian
Ø  Menyiapkan peralatan makan
Ø  Duduk melingkar dan berdoa sebelum makan
1.      Makan bersama
2.      Recelling
3.      Memajang hasil karya anak
4.      Menanyakan perasaan anak
C.     Kegiatan akhir
1.      Meninformasikan kegiatan untuk besok
2.      Berdoa terlebih dahulu sebelum pulang
3.      Bernyanyi bersama
Sayonara
                        Sayonara ..... Sayonara
                        Sampai berjumpa pulang
                        Sayonara..... sayonara
                        Sampai berjumpa pulang
                                                            Buat apa susah 2X
                                                            Susah itu tak ada gunanya
                                                            Buat apa susah 2x,Susah itu tak ada gunanya..
            SOP Anak pulang ;
1.      Guru harus memastikan apakah orang tua sudah berada di sekolah  untuk menjemput anak
2.      Saat anak belum dijemput, guru harus menemani anak hingga orang tua datang
3.      Guru memberikan pesan agar di rumah tetap belajar kembali

4.        Kriteria Penilaian
STTPA
1.      Sikap
Nilai agama dan moral
·         Anak mampu berprilaku jujur, penolong, sopan, dll.
·         Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah.
Fisik – motorik
·         Anak mampu membersihkan dan mebersekan tempat bermain,
·         Anak mampu menggunting dan menempel dengan baik.
Sosial – Emosional
·         Anak mampu mentaati aturan dikelas,
·         Anak mampu bermain dan berkerjasama dengan teman sebaya,
·         Anak mampu bersikap kooperatif dengan teman.
Seni
·         Anak mampu menyanyikan lagu dengan benar.
·         Anak mampu mengkombinasikan warna dengan baik.

2.      Pengetahuan
Kognitif
·         Anak mampu mengenal perbedaan berdasarkan ukuran, ciri-ciri, dan bentuk.
·         Anak mampu menyebutkan bilangan 1- 20.
Bahasa
·         Anak mampu memahami aturan dalam suatu permainan.
3.      Ketrampilan
Fisik – motorik
·         Anak terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
·         Anak mampu menggunting sesuai dengan pola
·         Anak mampu menempel dengan tepat
Bahasa
·         Anak mampu menuliskan namanya sendiri
Seni
·         Anak mampu membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin. Balok, dll)
·          
Program
Pengembangan
Indikator


Nama
Anak


NAM






BHS






SE






KOGNITIF






SENI






F-M






FORMAT SKALA CAPAIAN PERKEMBANGAN HARIAN

Keterangan ; 1 = BB             2 =       MB                  3=BSH            4=BSB

  Mengetahui,
Kepala sekolah


         (Dewi Citra Resmi S.P)

5.        Alokasi Waktu
ALOKASI WAKTU DALAM 1 HARI
DI TK LESTARI INDAH
NO
ALOKASI WAKTU
KEGIATAN
1.
07.15 - 07.30 WIB
Kegiatan Sebelum Masuk Kelas /Penyambutan Anak
2.
07.30 - 07.45 WIB
Pembukaan, kegiatan senam pagi /Pengalaman Gerakan Kasar anak
3.
07.45 08.00 WIB
Transisi / circle time
4.
08.00-09.30 WIB
Kegiatan Inti
5.
09.30 - 09.50 WIB
Istirahat atau Makan Bersama
6.
09.50 - 10.00 WIB
Kegiatan Penutup, anak  pulang

6.        Tema
TEMA
TK LESTARI INDAH
SEMESTER 1
NO.
TEMA
SUB TEMA
PUNCAK KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
1.
DIRI SENDIRI
Ø Identitas
Ø Panca Indra
Ø Kesukaanku
Membawa makanan kesukaan dan makan bersama di sekolah
3 Minggu
2.
LINGKUNGANKU
Ø Keluargaku
Ø Guna, macam, dan jenis rumah.
Ø Bagian, perkakas dan lingkungan rumah
Ø Sekolah.
Menceritakan di depan kelas tentang anggota keluarga dan tugas di keluarga.
4 Minggu
3.
KEBUTUHANKU
Ø Makanan dan minuman
Ø Pakaian
Ø Kebersihan dan kesehatan
Ø Keamanan

Festival pakaian adat
4 Minggu
4.
BINATANG
Ø Jenis dan ciri-ciri  binatang
Ø Tempat hidup dan perkembangbiakan binatang
Ø Makanan, bahaya dan guna binatang
Menggambar binatang kesukaan kemudian di ronce
3 Minggu
5.
TANAMAN
Ø Macam dan fungsi tanaman
Ø Bagian tanaman
Ø Cara menanam dan memelihara tanaman
Membawa tanaman hias dan menanam bersama di halaman sekolah
3 Minggu
JUMLAH = 17 MINGGU


TEMA SEMESTER II
TK LESTARI INDAH
NO.
TEMA
SUB TEMA
PUNCAK KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
1.
REKREASI
Ø Tempat dan guna rekreasi
Ø Perlengkapan dan tata tertib rekreasi
Ø Kendaraan
Ø Kehidupan dipesisir dan dan pegunungan
Mengunjungi tempat-tempat wisata
4 Minggu
2.
PEKERJAAN
Ø Macam dan tugas pekerjaan
Ø Tempat bekerja
Ø Alat bekerja
Bermain peran dikelas 
3 Minggu
3.
AIR, UDARA, DAN API
Ø Air dan udara
Ø Api
Menggosok gigi bersama dengan menggunakan air yang bersih
2 Minggu
4.
ALAT KOMUNIKASI
Ø Macam dan guna alat komunikasi
Ø Bentuk dan cara menggunakan alat komunikasi
Menggambar, mewarnai, dan menempel  handphone
2 Minggu
5.
TANAH AIRKU
Ø Negaraku I
Ø Negaraku II
Ø Kehidupan di  desa dan kota
Menggunjungi tempat-tempat bersejarah
3 Minggu
6.
ALAM SEMESTA
Ø Matahari, bulan dan bintang
Ø Bumi dan langit
Ø Gejala alam
Membuat praktik tentang terjadinya banjir
3 Minggu
JUMLAH = 17 MINGGU

7.        Rencana Program dan Puncak Tema
SEMESTER I
a.    Diri Sendiri          : Membawa makanan kesukaan dan makan bersama di sekolah, tanggal 15-16 Agustus 2016
b.    Lingkunganku      : Menceritakan di depan kelas tentang anggota keluarga dan tugas di keluarga, tanggal 22-23 September 2016
c.       Kebutuhanku      : Festival pakaian adat, tanggal 21-22 Oktober 2016
d.      Binatang             : Menggambar binatang kesukaan kemudian di ronce, tanggal 11-12 November 2016
e.       Tanaman             : Membawa tanaman hias dan menanam bersama di halaman sekolah, tanggal 06 Desember 2016
SEMESTER II
a.    Rekreasi               : Mengunjungi tempat-tempat  berwisata, Tanggal 07-08 Februari 2017
b.    Pekerjaan              : Berrmain peran besar dikelas, tanggal 15 Maret 2017
c.    Air, udara, dan api: Menggosok gigi bersama dengan menggunakan air yang bersih, tanggal 31 Maret 2017
d.   Alat komunikasi   : Membuat handphone dari plastisin, tanggal 18 April 2017
e.    Tanah airku          : Mengunjungi tempat-tempat bersejarah, tanggal 19 April 2017
f.     Alam semesta       : Membuat eksperiman tentang terjadinya banjir, tanggal 17 Mei 2017

G.    Sumber Daya Manusia dan Struktur Organisasi
Sumber daya yang akan menjadi kunci keberhasilan berdirinya lembaga ini adalah dari tenaga kependidikan, Administrasi, Satpan, dan Pegawai kebersihan juga penting diadakan. Berikut adalah nama-nama para pendidik dan tenaga pendidikan di TK LESTARI INDAH :







DAFTAR TENAGA KEPENDIDIKAN
TK LESTARI INDAH
No.
Nama
TTL
Ijazah Terakhir
Jabatan
Ket.
1.
Dewi Citra M.Pd
Lmg, 09 Juni 1993
S2
Kepsek
Merangkap guru kelas B
2.
Ayu Rahma S.Pd
Sby, 11 Januari 1992
S1
Guru
Wali kelas A
3.
Nur Ayu Lestari S. Pd.
Lmg, 05 Desember 1994
S1
Guru
Wali kelas B
4.
Nauval Yusuf S.Pd
Lmg, 22 Oktober 1993
S1
Guru
Guru kelas A
5.
Abdul Wahib S.Pd
Lmg, 21 Februari 1993
S1
Guru
Guru kelas B
6.
Latifatul izzah S.Pd
Lmg, 23 April 1992
D3
Staf
Guru kelas A
7.
Zahrotun Nisa’
Malang, 04 Mei 1993
D3
Staf
Sekertaris
8.
Saidatul ilma
Lmg, 19 Mei 1991
D3
Staf
Bendahara
9.
Pariman
Lmg, 12 Mei 1985
SMA
Staf
Satpam
10.
Sutini
Lmg, 04 Juli 1988
SMA
Staf
Office Girl
11.
Masitho
Lmg, 18 Januari 1986
SMA
Staf
Office Girl
12.
Toha
Lmg, 25 Agustus 1981
SMA
Staf
Tukang Kebun










STRUKTUR ORGANISASI
TK LESTARI INDAH
Siswa
 






























Keterangan :
1.    Dinas Pendidikan :
Ø  Sebagai pengawas atau penilik
Ø  Sebagai pemimpin yang mengatur seluruh sekolah yang dinaunginya,
Ø  Memberikan informasi yang penting dan baru kepada seluruh sekolah
2.    Kepala Yayasan :

Ø  Menyusun rencana program dan kegiatan tahunan dengan melibatkan bagian tata usaha dan penanggung jawab masing-masing program layanan (misalnya TK, KB, TPA, SPS).
Ø  Mengorganisasikan dan mengkoordinasikan pelaksanaan program yang dilaksanakan di lembaga PAUD Terpadu.
Ø  Melakukan pengawasan dan evaluasi seluruh program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga PAUD Terpadu.
Ø  Melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga, organisasi, instansi, dan masyarakat dalam rangka peningkatan akses dan mutu layanan PAUD di lembaga PAUD Terpadu.
3.    Kepala Sekolah :
Ø  Menyusun rencana program dan kegiatan tahunan yang menjadi tanggung jawabnya, dengan melibatkan pendidik PAUD.
Ø  Mengorganisasikan dan mengkoordinasikan pelaksanaan program pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, guru pendamping, pengasuh.
Ø  Melakukan pembinaan terhadap program dan kegiatan yang diselenggarakan guru, guru pendamping, dan pengasuh.
Ø  Melakukan kerjasama dengan penanggung jawab program lainnya dalam rangka mutu layanan PAUD di lembaga PAUD Terpadu

4.    Guru Kelas A & B :
Ø  Mengelolah suasana didalam kelas
Ø  Membantu anak didik untuk belajar dan mengembangkan pengetahuannya
Ø  Memberikan atau menyampaikan materi pada anak didik
Ø  Mengatur jalannya pembelajaran di kelas.
5.    Administrasi :
Ø  Mengatur seluruh keuangan yang ada di sekolah,
Ø  Mengurusi surat-persuratan yang dibutuhkan sekolah,
Ø  Memberikan layanan untuk seluruh pegawai dan keamanan di sekolah.
H.    Calon Anak Didik yang Menjadi Sasaran Lembaga PAUD
Sasaran utama untuk calon peserta didik baru di TK LESTARI INDAH yaitu tidak lain dari masyarakat sekitar desa Leran sendiri, dan untuk seluruh masyarakat dari desa-desa yang lainnya, mereka bebas mendaftarkan putra – putrinya di TK LESTARI INDAH.

I.       Sarana dan Prasarana yang Direncanakan
Dalam pembuatan sekolah sangat diperlukan sarana dan prasarana pendidikan, agar proses pembelajaran dapat tersalurkan dengan baik dan sempurna. Berikut uraian sarana prasarana :

SARANA DAN PRASARANA
TK LESTARI INDAH
NO.
SARANA DAN PRASARANA
NAMA BARANG
1
Jenis Ruangan dan halaman
Barang yang sifatnya primer*)
1. Ruang pembelajaran
2. Halaman tempat bermain di luar ruangan
3. Ruang kerja pendidik
4. Ruang kerja pengelola
5. Kamar mandi dan WC
Barang yang sifatnya sekunder**)
6. Ruang perpustakaan
7. Ruang tunggu pengasuh
8. Ruang istirahat/kesehatan
9. Ruang audiovisual
10. Ruang bimbingan
11. Dapur dan perlengkapannya
2
Kelengkapan sarana kerja dan pendukung pembelajaran
Barang yang sifatnya primer*)
1. Papan tulis, kapur, spidol, dan penghapus
2. Meja, kursi atau tikar alas duduk anak didik
3. Meja dan kursi tenaga pendidik dan pengelola
4. Almari/rak penyimpanan arsip
5. Rak/tempat tas dan sepatu anak didik
Barang yang sifatnya sekunder**)
6. Rak buku
7. Rak sepatu
8. Timbangan badan
9. Termometer
10. Meteran Tinggi Badan
3
Kelengkapan sarana administrasi kependi-dikan
Barang yang sifatnya primer*)
1. Menu pembelajaran
2. SKH dan SKM
3. Buku kemajuan belajar
4. Daftar hadir anak didik
5. Daftar hadir pendidik
6. Buku induk anak didik
7. Daftar nilai
8. Buku administrasi keuangan
9. Buku persuratan
-           



Barang yang sifatnya sekunder**)
11. Buku tamu
12. Buku kegiatan
13. Buku mutasi anak didik
14. Buku induk pendidik
-           
4
Ketersediaan Alat Permainan Edukatif Luar Ruangan (outdoor)
1. Bak pasir
2. Balok jungkitan
3. Papan seluncur
4. Ayunan
5. Bola dunia
6. Panjatan/tangga majemuk
7. Terowongan
-           
5
Ketersediaan Alat Permainan Edukatif dalam Ruangan (indoor)
1. Puzzle
2. Balok unit
3. Mandi bola
4. Kartu bergambar
5. Mozaik
6. Pohon angka
7. Boneka
8. Mobil-mobilan
9. Miniatur binatang
10. Tiruan alat-alat masak
11. APE tradisional
6
Media Audiovisual
1. Komputer
2. Tape recorder
3. Radio
4. Televisi
5. VCD dll
7
Bahan Pustaka
1. Buku Cerita
2. Majalah anak
3. Buletin
-           
8
Portofolio
1. Tempat menempel hasil menggambar anak
2. Tempat meletakkan benda-benda hasil kerja anak didik
3. Tempat meletakkan foto-foto aktivitas anak

J.      Jenis Pelayanan Yang Diberikan
Jenis pelayanan yang akan di sediakan oleh TK LESTARI indah yaitu :
1.    Layanan Kesehatan
Layanan kesehatan yang direncanakan yaitu akan dilaksanakan setiap 2 bulan sekali, pada layanan ini seluruh anak akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan, pemberian vitamin, dan pemeriksaan kesehehatan lainnya. Hal ini bertujuan untuk membantu anak dalam proses perkembangannya, selain itu guru dan orang tua dapat mengaetahui sejauhmana anak dapat tumbuh dan berkembang. Sasaran utama yaitu seluruh anak didik.
2.    Layanan Bimbingan Konseling
Layanan bimbingan konseling ini akan dilakukan setiap 3 bulan sekali, akan tetapi pada layanan ini bisa saja dilakukan setiap saat jika ada masalah yang sangat penting. Layanan ini bertujuan untuk membantu peserta didik, guru, dan orang tua untuk meyelesaikan masalah dan sebagai masukan atau informasi bagi oran tua, agar hubungan anatara guru dan orang tua terjalin dengan baik. Sasaran utama dari layanan ini yaitu untuk peserta didik, orang tua dan guru.

K.    Sumber Biaya dan Pembiayaan
Berikut adalah rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah yang dibuat dan dirancang sebagaimana kebutuhan untuk sekolah.

RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH
(RAPBS)
TK LESTARI INDAH
NO URUT
JENIS KEGIATAN
VOL
SATUAN
HARGA
JUMLAH
1
·       Kegiatan pembelajaran





1.1 Buku-buku pembelajaran PAUD





a.       Buku kegiatan.
(20.x Rp. 9.500)


 1.900.000


b.      Majalah / Buku Cerita
(20x Rp. 5.000x6bulan)


 600.000






9.500.000

1.2 Peralatan Pembelajaran





a.       Krayon
(20x Rp.8.000)


160.000


b.      Buku tulis
(20x Rp.8.000x6bulan)


960.000


c.       Buku kotak besar
(20x Rp.6.000)


120.000


d.      Pensil
(20x Rp.3.000)


60.000


e.       Penghapus
(20x Rp.1.000)


20.000


f.       Lem
(20x Rp.5.000)


100.000


g.      Kertas origami 1 pack
(20x Rp.5.000x6bulan)


600.000


h.      Plastisin 1 pack
 (20x Rp.5.000)


100.000


i.        Buku gambar
(20x Rp.3.000)


60.000


j.        Lembar kerja anak (foto copy)
(20x Rp.10.000)


200.000


k.      HVS (rim)
(4x Rp.30.000)


120.000







7.000.000

1.3 Kegiatan pertemuan dengan orang tua/ wali murid





a.       Program parenting di lembaga
(Rp.100.00x6bulan)


600.000


b.      Kunjungan ke rumah anak


400.000






6.000.000






2
·      Kegiatan pendukung





2.1 Penyediaan buku Administrasi





a.       Buku induk
(1x Rp.45.000)


45.000


b.      Daftar hadir guru
(12x Rp. 7.500)


90.000


c.       Blanko laporan bulanan
(12x Rp.7.500)


90.000


d.      Blanko formulir pendaftaran
(30x Rp.7.500)


225.000


e.       Blanko undangan


-


f.       Kertas HVS


-


g.      ATK (gunting, bolpoint,dll)
(6x Rp.7.500)


450.000


h.      Tinta cap


-


i.        Buku program pengajaran
(1x Rp.100.000)


100.000


j.        Buku RKM
(2x Rp.100.000)


200.000


k.      Buku RKH
(2x Rp.100.000)


200.000


l.        KTSP
(1x Rp.100.000)


100.000






4.500.000

2.2 Pembelian alat DDTK dan isi P3K





a.       Alat timbang badan
(1x Rp.100.000)


100.000


b.      Alat ukur tinggi badan
(1x Rp.100.000)


100.000


c.       Obat-obatan
(1x Rp.250.000)


250.000


d.      Perlengkapan kesehatan dan kebersihan (sapu, tempat sampah, keset,dll).
(1x Rp. 350.000)


350.000






3.700.000

2.3 Biaya pertemuan guru





a.       Kegiatan pembinaan guru + kepala TK
(2x Rp.20.000)


40.000


b.      Iuran kelompok kerja gugus (KKG).
(2x Rp.20.00x12bulan)


480.000


c.       Iuran IGTK Kabupaten
(2x Rp.20.00x12bulan)


480.000






2.700.000

2.4 Transport pendidik





a.       Transport kecamatan 1 orang guru + 1 kepala TK. (2x Rp.25.000x6bulan)


300.000


b.      Transport kabupaten 1 orang guru + 1 kepala TK. (2x Rp.25.000x6bulan)


300.000







2.100.000

2.5 Penyediaan makanan sehat





a.       Kegiatan makanan sehat bersama.
(20x Rp.1.500x6bulan)


180.000


b.      Kegiatan makan camilan sehat bersama. (20x Rp.1.000x6bulan)


120.000






1.800.000






3
·       Kegiatan lain-lain





3.1 Perawatan sarana prasarana





a.       Pembelian cat tembok
(10x Rp.55.000)


550.000


b.      Pembelian semen
(10x Rp.65.000)


650.000






600.000

3.2 Penyediaan alat publikasi PAUD





a.       Pembuatan banner kegiatan
(5x Rp.40.000)


200.000


b.      Pembuatan nama TK
(1x Rp.100.000)


100.000


3.3 Langganan telepon/internet



300.000

a.       Biaya speedy. (Rp.50.000x6bulan)


300.000






0


                                                                                                                                                                                                                                                  Mengetahui,
                                                                                                 Kepala Sekolah


                                                                                          (Dewi Citra Resmi S.P)






LAMPIRAN
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dikembangkan dengan mengacu pada teori pendidikan berbasis standar dan kurikulum berbasis kompetensi. Pendidikan berbasis standar menetapkan adanya standar nasional sebagai kualitas minimal penyelenggaraan pendidikan. Standar tersebut terdiri dari standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Proses pengembangan kurikulum secara langsung berlandaskan pada empat standar yakni standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, dan standar penilaian pendidikan. Sementara itu, empat standar lainnya dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung implementasi kurikulum.
Kurikulum berbasis kompetensi dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi anak untuk mengembangkan kemampuan yang berupa sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Dalam kurikulum 2013 ini juga sangat identic dengan model pembelajaran Sentra, sehingga dalam model pembelajaran sentra sekolah harus benar-benar mempunyai dana yang lumayan banyak untuk perlengkapan yang ada didalam Sentara tersebut. Selain itu guru harus dituntut untuk lebih kreatif dan lincah saat mengajar.
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini menerapkan pembelajaran dalam bentuk pemberian pengalaman belajar langsung kepada anak yang dirancang sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan usia anak.
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dirancang dengan karakteristik sebagai berikut:
1.     Mengoptimalkan perkembangan anak yang meliputi: aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni yang tercermin dalam keseimbangan kompetensi sikap, pengetahun, dan keterampilan;
2.     Menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam pemberian rangsangan pendidikan;
3.     Menggunakan penilaian autentik dalam memantau perkembangan anak; dan
4.     Memberdayakan peran orang tua dalam proses pembelajaran.
Tujuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yaitu untuk mendorong berkembangnya potensi anak agar memiliki kesiapan untuk menempuh  pendidikan selanjutnya.
Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan gambaran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD usia 6 (enam) tahun.
Kompetensi Inti mencakup:
1.     Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2.     Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3.     Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4.     Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang kompetensi PAUD dapat dilihat pada tabel di bawah ini:
KOMPETENSI  INTI
KI-1
Menerima ajaran agama yang dianutnya
KI-2
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri, tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman
KI-3
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; menalar, dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran, tema pembelajaran, dan pengalaman belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti.
Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan awal anak serta tujuan setiap program pengembangan. Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti yaitu:
1.  Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
2.  Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
3.  Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
4.  Kelompok 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk setiap kompetensi inti adalah sebagai berikut:
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR


KI-1. Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1.          Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya

1.2.          Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan

KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman
2.1.        Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

2.2.        Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

2.3.        Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif

2.4.        Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

2.5.        Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

2.6.        Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

2.7.        Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

2.8.        Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

2.9.        Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

2.10.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain

2.11.    Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri

2.12.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab

2.13.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

2.14.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman

KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
3.1.        Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

3.2.        Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

3.3.        Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

3.4.        Mengetahui cara hidup sehat

3.5.        Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

3.6.        Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

3.7.        Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)

3.8.        Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

3.9.        Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

3.10.    Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)

3.11.    Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)


3.12.    Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain

3.13.    Mengenal emosi diri dan orang lain

3.14.    Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri

3.15.    Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
4.1.         Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

4.2.         Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

4.3.         Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

4.4.         Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

4.5.         Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

4.6.         Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

4.7.         Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh

4.8.         Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh

4.9.         Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

4.10.     Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)

4.11.     Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

4.12.     Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya


4.13.     Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar

4.14.     Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat

4.15.     Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media


Lama Belajar
1.    Lama belajar merupakan keseluruhan waktu untuk memperoleh pengalaman belajar yang harus diikuti anak dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun. Lama belajar pada PAUD dilaksanakan melalui pembelajaran tatap muka.
2.    Kegiatan tatap muka di PAUD dengan lama belajar sebagai berikut.
a.                   kelompok usia lahir sampai 2 (dua) tahun dengan lama belajar paling sedikit 120 menit per minggu;
b.                  kelompok usia 2 (dua) tahun sampai 4 (empat) tahun dengan lama belajar paling sedikit 360 menit per minggu; dan
c.                  kelompok usia 4 (empat) tahun sampai 6 (enam) tahun dengan  lama belajar paling sedikit 900 menit per minggu.
3.    Satuan PAUD untuk kelompok usia 4-6 tahun yang tidak dapat melakukan pembelajaran 900 menit per minggu wajib melaksanakan pembelajaran 540 menit dan ditambah 360 menit pengasuhan terprogram.

Tabel Struktur Program Pengembangan dan Lama Belajar PAUD
Program Pengembangan
Kompetensi
Lahir-2 tahun
2-4 tahun
4-6 tahun
1.   Moral dan agama
2.   Fisik-Motorik
3.   Kognitif
4.   Bahasa
5.   Sosial emosional
6.   Seni
A.   Sikap Spiritual
B.    Sikap Sosial
C.  Pengetahuan
D.  Keterampilan
120 menit per minggu
 360 menit per minggu
900 menit per minggu
terdiri atas
540 menit tatap muka dan 360 menit pengasuhan terprogram
900 menit per minggu 150 menit untuk 6 pertemuan per minggu atau 180 menit untuk 5 pertemuan per minggu



25 komentar:

  1. Mohon izin merujuk ya kak, terima kasih.

    BalasHapus
  2. Ijin copas dan merujuk bu dewi🙏

    BalasHapus
  3. Assalaamualaikum... Izin Copas Bu...

    BalasHapus
  4. izin copas. makasih telah membantu :)

    BalasHapus
  5. Mohon izin Copas Bu sebagai referensi.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Mohon izin Copas sebagai referensi. Terimakasih Bu.

    BalasHapus
  7. bagus sekali mbak, mohon ijin merujuk ya.

    BalasHapus