PROPOSAL
PENDIRIAN TAMAN KANAK-KANAK (TK)
“LESTARI INDAH”
Alamat: Jalan
Ahmad Dahlan no. 9 Pucuk, Kabupaten Lamongan
TK
LESTARI
INDAH
Diajukan
Kepada:
Kepala Dinas Pendidikan Lamongan
Disusun
Oleh:
Dewi Citra Resmi Sangdia Pitaloka
(Direktur)
Yayasan PKK Desa Leran
Lamongan
2016
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa
taman kanak-kanak termasuk pendidikan anak usia dini yang memberikan pembinaan
bagi anak dari sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan melalui
pemberian rangsangan. Pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan rohani anak
agar memiliki kesiapan lebih lanjut memasuki pendidikan selanjutnya (Depdiknas,
2003).
Usia dini merupakan masa keemasan
(golden age). Oleh karena itu pendidikan pada masa ini merupakan pendidikan
yang sangat fundamental serta menentukan perkembangan anak. Pendidik yang
kompeten dan profesional akan dapat membantu perkembangan pada tingkat yang
optimal. Tetapi kenyataannya masih banyak lembaga yang tenaga pendidiknya
kurang mampu menguasai kurikulum. Masih banyak guru yang mengajar belum sesuai
dengan panduan kurikulum.
Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD) pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan
dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara
menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak.
Pendidikan anak usia dini sebagai salah satu bentuk penyelenggaran pendidikan
yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan
perkembangan, baik koordinasi motorik (halus dan kasar), kecerdasan emosi,
kecerdasan jamak (multiple interlligences), maupun kecerdasan spriritual. Sesuai dengan keunikan dan pertumbuhan anak
usia dini. Penyelenggaran pendidikan bagi anak usia dini disesuaikan dengan
tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak ( Suyadi, 2014: 22-23 ).
Dengan demikian salah satu tujuan dari
pendirian TK LESTARI INDAH yaitu tidak lain untuk membantu mencerdaskan anak
bangsa sebagai generasi penerus yang sehat, cerdas, dan ceria. Pendidikan anak
usia dini usia dini sangat penting bagi pendidikan selanjutnya setelah
keluarga, karena anak akan belajar dan mengembangkan seluruh aspek
perkembangannya melalui pendidikan anak usia dini. Selain itu untuk membantu
para orang tua mendidik anaknya di Lembaga TK.
B. VISI
“Terwujudnya
anak yang ceria, cerdas, terampil, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berwawasan global yang dapat bersaing pada jenjang yang akan datang”
C.
MISI
a. Menciptakan
suasana anak bermain sambil belajar yang nyaman dan menyenangkan
b. Mewujudkan
kemandirian dan keberanian anak dalam melakukan sesuatu
c. Mendorong
dan membantu anak pada didik agar memiliki ketrampilan/ keahlian/ kecakapan
yang dapat dikembangkan secara professional
d. Menumbuhkan
penghayatan terhadap ajaran agama yang dianutnya serta budaya bangsa sehingga
menjadi sumber kearifan dalam bertindak
e. Membekali
anak didik di pendidikan yang berlanjut
D. TUJUAN
a. Mempersiapkan
anak usia dini untuk memasuki pendidikan dasar dengan belajar sambil bermain
b. Terwujudnya
suasana TK yang kondusif, administrasi yang transparan dan tertib
c. Membina
dan mengasuh peserta didik dengan penuh kasih sayang, cinta dan kesabaran
d. Mengembangkan
minat agar anak cerdas, kreatif, terampil dan mandiri.
E. KOMPETENSI LULUSAN
1. Anak
mampu menghafal doa-doa untuk kegiatan sehari-hari
2. Anak
mampu menghafal pancasila dengan benar
3. Anak
mampu menghitung dan membilang angka 1-100
4. Anak
mampu berperilaku sopan kepada orang yang lebih tua
5. Anak
mampu membaca dan menulis dengan rapi tanpa bantuan
6. Anak
mampu mengenal warna, bentuk pola, dan jenis pola.
F. KURIKULUM DAN JADWAL KEGIATAN
1.
Kurikulum
Kurikulum
yang diterapkan di TK LESTARI INDAH yaitu menggunakan Kurikulum 2013
(Terlampir)
2. Jadwal Kegiatan
No
|
Hari
|
Waktu Pembelajaran
|
Waktu Extra
|
Keterangan
|
Guru Extra
|
1.
|
Senin
|
07.30 – 10.30 WIB
|
10.30 – 11.30 WIB
|
Extra CALISTUNG
(Membaca, Menulis,
dan Berhitung)
|
Dewi Citra., M.Pd
|
2.
|
Selasa
|
07.30 – 10.30 WIB
|
10.30 – 11.30 WIB
|
Extra Tari
|
Ayu Rahma., S.Pd
|
3.
|
Kamis
|
07.30 – 10.30 WIB
|
10.30 – 11.30 WIB
|
Bahasa Inggris
|
Zahrotun
Nisa’., S.Pd
|
4.
|
Sabtu
|
07.30 – 10.00 WIB
|
10.00 – 11.30 WIB
|
Extra Agama
|
Nur Ayu Lestari, S. Pd.
|
Keterangan :
1. Ekstra CALISTUNG ( Membaca,
Menulis, dan Berhitung )
Tujuan dari diadakannya Ekstra CALISTUNG
ini yaitu sebagai wadah untuk anak agar lebih rajin lagi dalam membaca,
menulis, dan berhitung. Selain itu dapat menambah kemampuan anak pada
kecerdasan linguistic, logical matematik, dll. Dalam ekstra calistung anak akan
diajarkan untuk menulis dengan baik, cara mengenal huruf, membaca, dan
berhitung, diantaranya membilang angka.
2.
Ekstra
Tari
Tujuan diadakannya ekstra Tari ini yaitu
sebagai wadah untuk anak menyalurkan bakatnya dalam bidang seni tari, selain
itu membantu anak untuk mengembangkan perkembangan gerak motorik kasar dan
halus. Dalam ekstra Tari ini, anak akan diajarkan dan dikenalkan berbagai jenis
tarian tradisional dan tarian modern.
3.
Ekstra
Bahasa Inggris
Tujuan dari diadakannya ekstra Bahasa
inggris ini agar anak mampu menambah wawasan serta basic-nya dalam berbahasa
inggris, selain itu sebagai wadah bagi anak untuk dijadikan pondasi awal
sebelum menempuh dijenjang pendidikan selanjutnya. Dalam ekstra bahasa inggris
anak akan dikenalkan benda-benda disekitar anak dengan menggunakan bahasa
inggris, huruf abjad, angka, dan cara membaca yang baik secara perlahan.
4.
Ekstra
Agama
Tujuan dari diadakannya Ekstra Agama ini
yaitu agar anak mampu dan memahami apa saja yang baik dan buruk menurut agama
masing-masing. Contoh jika ada anak yang beragama Islam, guru akan
mempraktikkan b agaimana gerakan sholat, membaca dan menghafal doa-doa pendek.
3.
RPPH
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK
LESTARI INDAH
Semester / Bulang / Minggu : I / November / 13
Hari / Tanggal :
Senin / 5 November 2016
Kelompok / Usia :
B / 5-6
Tema / Sub tema :
Binatang / Tempat Hidup dan Perkembangbiakan
Materi :
1. Mengetahui jenis binatang laut
2. Mengetahui Ciri- ciri binatang laut
3. Mengetahui perkembangbiakan binatang
Kegiatan Main :
Sentra Kreativitas
Media : Poster bergambar binatang,
gartu bergambar binatang, dan miniatur binatang laut
Alat dan Bahan : Buku tulis, pensil,
krayon atau pensil warna, kartu bergambar, poster, dan miniature binatang.
Kompetensi dasar : 1.1, 1.2, 2.2, 2.9, 2.12,
3.3, 4.3, 3.8, 4.8, 3.15, 4.15
Proses kegiatan
1.
Pijakan
sebelum main
SOP
Penyambutan anak datang
Ø
Guru
menyamput kedatangana anak
Ø
Mempersilahkan
anak untuk menaruh tas dan sepatu di tempatnya
Ø
Guru
mempersilahkan anak untuk bermain sejenak dengan temannya sebelum kegiatan
dimulai.
A.
Pembukaan
Ø
Guru
dan anak duduk bersama membentuk lingkaran
Ø
Bernyanyi
sambil bertepuk, dengan lagu “ lumba-lumba mungil”
Ø
Guru
memberi kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalamannya tentang
binatang lau yang diketahui anak
Ø
Guru
memberi penguatan dengan bercerita menggunakan media poster dan kartu bergambar
binatang laut
Ø
Selesai
bercerita anak-anak diajak untuk
mengamati nama binatang, ciri-ciri binatang dan makanannya
Ø
Berdiskusi
terkait macam-macam makanan binatang dan ciri-ciri binatang adalah ciptaan
tuhan
Ø
Berdoa
bersama sebelum belajar
Ø
Menggunakan
kata tolong, terimakasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
Ø
Menerangkan
kegiatan hari ini dan membuat aturan yang akan digunakan saat bermain.
Ø
Sebelum
kegiatan dimulai guru mengajak anak bertepuk.
“Tepuk
Semangat”
Prok..
prok.. prok,, Huu,,,,
Prok..
prok.. prok,, Haa ,,,
Prok..
prok.. prok,, Huuu,,, Haaa,,,
Ayo dong,,,
semangat dong,, Dang ding dong,,,
2.
Pijakan saat main
Ø
Guru
membacakan aturan saat bermain,
Ø
Guru
menjelaskan serta memberi contoh terlebih dahulu kepada anak
Ø
Anak
bermain dan mengerjakan tugas,
Ø
Guru
mengawasi dan mendampingi anak saat bermain
B.
Istirahat
Pijakan
setelah bermain,
SOP
Setelah main
Ø Anak
membereskan peralatan ditempatnya
Ø Mencuci
tangan secara bergantian
Ø Menyiapkan
peralatan makan
Ø Duduk
melingkar dan berdoa sebelum makan
1. Makan
bersama
2. Recelling
3. Memajang
hasil karya anak
4. Menanyakan
perasaan anak
C. Kegiatan
akhir
1. Meninformasikan
kegiatan untuk besok
2. Berdoa
terlebih dahulu sebelum pulang
3. Bernyanyi
bersama
Sayonara
Sayonara ..... Sayonara
Sampai berjumpa pulang
Sayonara..... sayonara
Sampai berjumpa pulang
Buat
apa susah 2X
Susah
itu tak ada gunanya
Buat
apa susah 2x,Susah itu tak ada gunanya..
SOP Anak pulang ;
1. Guru
harus memastikan apakah orang tua sudah berada di sekolah untuk menjemput anak
2. Saat
anak belum dijemput, guru harus menemani anak hingga orang tua datang
3. Guru
memberikan pesan agar di rumah tetap belajar kembali
4.
Kriteria
Penilaian
STTPA
1. Sikap
Nilai agama dan moral
·
Anak mampu berprilaku jujur, penolong,
sopan, dll.
·
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
sekolah.
Fisik – motorik
·
Anak mampu membersihkan dan mebersekan
tempat bermain,
·
Anak mampu menggunting dan menempel
dengan baik.
Sosial – Emosional
·
Anak mampu mentaati aturan dikelas,
·
Anak mampu bermain dan berkerjasama
dengan teman sebaya,
·
Anak mampu bersikap kooperatif dengan
teman.
Seni
·
Anak mampu menyanyikan lagu dengan
benar.
·
Anak mampu mengkombinasikan warna dengan
baik.
2. Pengetahuan
Kognitif
·
Anak mampu mengenal perbedaan
berdasarkan ukuran, ciri-ciri, dan bentuk.
·
Anak mampu menyebutkan bilangan 1- 20.
Bahasa
·
Anak mampu memahami aturan dalam suatu
permainan.
3. Ketrampilan
Fisik – motorik
·
Anak terampil menggunakan tangan kanan
dan kiri
·
Anak mampu menggunting sesuai dengan
pola
·
Anak mampu menempel dengan tepat
Bahasa
·
Anak mampu menuliskan namanya sendiri
Seni
·
Anak mampu membuat karya seperti bentuk
sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin. Balok, dll)
·
Program
Pengembangan
|
Indikator
|
|
|
Nama
Anak
|
|
|
NAM
|
|
|
|
|
|
|
BHS
|
|
|
|
|
|
|
SE
|
|
|
|
|
|
|
KOGNITIF
|
|
|
|
|
|
|
SENI
|
|
|
|
|
|
|
F-M
|
|
|
|
|
|
|
FORMAT
SKALA CAPAIAN PERKEMBANGAN HARIAN
Keterangan
; 1
= BB 2 = MB 3=BSH
4=BSB
Mengetahui,
Kepala
sekolah
(Dewi Citra Resmi S.P)
5.
Alokasi
Waktu
ALOKASI WAKTU DALAM 1 HARI
DI TK LESTARI INDAH
NO
|
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
1.
|
07.15 - 07.30 WIB
|
Kegiatan Sebelum Masuk Kelas /Penyambutan Anak
|
2.
|
07.30 - 07.45 WIB
|
Pembukaan, kegiatan senam pagi /Pengalaman Gerakan Kasar anak
|
3.
|
07.45 – 08.00 WIB
|
Transisi / circle time
|
4.
|
08.00-09.30 WIB
|
Kegiatan Inti
|
5.
|
09.30 - 09.50 WIB
|
Istirahat atau Makan Bersama
|
6.
|
09.50 - 10.00 WIB
|
Kegiatan Penutup, anak pulang
|
6.
Tema
TEMA
TK LESTARI INDAH
SEMESTER 1
NO.
|
TEMA
|
SUB
TEMA
|
PUNCAK
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
DIRI SENDIRI
|
Ø Identitas
Ø Panca
Indra
Ø Kesukaanku
|
Membawa
makanan kesukaan dan makan bersama di sekolah
|
3 Minggu
|
2.
|
LINGKUNGANKU
|
Ø Keluargaku
Ø Guna,
macam, dan jenis rumah.
Ø Bagian,
perkakas dan lingkungan rumah
Ø Sekolah.
|
Menceritakan
di depan kelas tentang anggota keluarga dan tugas di keluarga.
|
4 Minggu
|
3.
|
KEBUTUHANKU
|
Ø Makanan
dan minuman
Ø Pakaian
Ø Kebersihan
dan kesehatan
Ø Keamanan
|
Festival
pakaian adat
|
4 Minggu
|
4.
|
BINATANG
|
Ø Jenis
dan ciri-ciri binatang
Ø Tempat
hidup dan perkembangbiakan binatang
Ø Makanan,
bahaya dan guna binatang
|
Menggambar
binatang kesukaan kemudian di ronce
|
3 Minggu
|
5.
|
TANAMAN
|
Ø Macam
dan fungsi tanaman
Ø Bagian
tanaman
Ø Cara
menanam dan memelihara tanaman
|
Membawa
tanaman hias dan menanam bersama di halaman sekolah
|
3 Minggu
|
JUMLAH
= 17 MINGGU
|
TEMA
SEMESTER II
TK
LESTARI INDAH
NO.
|
TEMA
|
SUB
TEMA
|
PUNCAK
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
REKREASI
|
Ø Tempat
dan guna rekreasi
Ø Perlengkapan
dan tata tertib rekreasi
Ø Kendaraan
Ø Kehidupan
dipesisir dan dan pegunungan
|
Mengunjungi
tempat-tempat wisata
|
4 Minggu
|
2.
|
PEKERJAAN
|
Ø Macam
dan tugas pekerjaan
Ø Tempat
bekerja
Ø Alat
bekerja
|
Bermain
peran dikelas
|
3 Minggu
|
3.
|
AIR,
UDARA, DAN API
|
Ø Air
dan udara
Ø Api
|
Menggosok
gigi bersama dengan menggunakan air yang bersih
|
2 Minggu
|
4.
|
ALAT KOMUNIKASI
|
Ø Macam
dan guna alat komunikasi
Ø Bentuk
dan cara menggunakan alat komunikasi
|
Menggambar,
mewarnai, dan menempel handphone
|
2 Minggu
|
5.
|
TANAH AIRKU
|
Ø Negaraku
I
Ø Negaraku
II
Ø Kehidupan
di desa dan kota
|
Menggunjungi
tempat-tempat bersejarah
|
3 Minggu
|
6.
|
ALAM SEMESTA
|
Ø Matahari,
bulan dan bintang
Ø Bumi
dan langit
Ø Gejala
alam
|
Membuat
praktik tentang terjadinya banjir
|
3 Minggu
|
JUMLAH
= 17 MINGGU
|
7.
Rencana
Program dan Puncak Tema
SEMESTER I
a. Diri
Sendiri : Membawa makanan
kesukaan dan makan bersama di sekolah, tanggal 15-16 Agustus 2016
b. Lingkunganku : Menceritakan di depan kelas tentang
anggota keluarga dan tugas di keluarga, tanggal 22-23 September 2016
c. Kebutuhanku : Festival pakaian adat, tanggal 21-22 Oktober
2016
d. Binatang : Menggambar binatang kesukaan
kemudian di ronce, tanggal 11-12 November 2016
e. Tanaman : Membawa tanaman hias dan menanam
bersama di halaman sekolah, tanggal 06 Desember 2016
SEMESTER
II
a. Rekreasi : Mengunjungi tempat-tempat berwisata, Tanggal 07-08 Februari 2017
b. Pekerjaan : Berrmain peran besar dikelas,
tanggal 15 Maret 2017
c. Air,
udara, dan api: Menggosok gigi bersama dengan menggunakan air yang bersih,
tanggal 31 Maret 2017
d. Alat
komunikasi : Membuat handphone dari
plastisin, tanggal 18 April 2017
e. Tanah
airku : Mengunjungi
tempat-tempat bersejarah, tanggal 19 April 2017
f. Alam
semesta : Membuat eksperiman
tentang terjadinya banjir, tanggal 17 Mei 2017
G. Sumber Daya Manusia dan Struktur
Organisasi
Sumber daya yang akan
menjadi kunci keberhasilan berdirinya lembaga ini adalah dari tenaga
kependidikan, Administrasi, Satpan, dan Pegawai kebersihan juga penting
diadakan. Berikut adalah nama-nama para pendidik dan tenaga pendidikan di TK
LESTARI INDAH :
DAFTAR
TENAGA KEPENDIDIKAN
TK
LESTARI INDAH
No.
|
Nama
|
TTL
|
Ijazah
Terakhir
|
Jabatan
|
Ket.
|
1.
|
Dewi Citra
M.Pd
|
Lmg, 09 Juni 1993
|
S2
|
Kepsek
|
Merangkap guru kelas B
|
2.
|
Ayu Rahma S.Pd
|
Sby, 11 Januari 1992
|
S1
|
Guru
|
Wali kelas A
|
3.
|
Nur Ayu Lestari S. Pd.
|
Lmg, 05 Desember 1994
|
S1
|
Guru
|
Wali kelas B
|
4.
|
Nauval Yusuf S.Pd
|
Lmg, 22 Oktober 1993
|
S1
|
Guru
|
Guru kelas A
|
5.
|
Abdul Wahib S.Pd
|
Lmg, 21 Februari 1993
|
S1
|
Guru
|
Guru kelas B
|
6.
|
Latifatul izzah S.Pd
|
Lmg, 23 April 1992
|
D3
|
Staf
|
Guru kelas A
|
7.
|
Zahrotun
Nisa’
|
Malang, 04 Mei 1993
|
D3
|
Staf
|
Sekertaris
|
8.
|
Saidatul
ilma
|
Lmg, 19 Mei 1991
|
D3
|
Staf
|
Bendahara
|
9.
|
Pariman
|
Lmg, 12 Mei 1985
|
SMA
|
Staf
|
Satpam
|
10.
|
Sutini
|
Lmg, 04 Juli 1988
|
SMA
|
Staf
|
Office Girl
|
11.
|
Masitho
|
Lmg, 18 Januari 1986
|
SMA
|
Staf
|
Office Girl
|
12.
|
Toha
|
Lmg, 25 Agustus 1981
|
SMA
|
Staf
|
Tukang Kebun
|
STRUKTUR
ORGANISASI
TK
LESTARI INDAH
Siswa
|
Keterangan
:
1. Dinas Pendidikan :
Ø Sebagai
pengawas atau penilik
Ø Sebagai
pemimpin yang mengatur seluruh sekolah yang dinaunginya,
Ø Memberikan
informasi yang penting dan baru kepada seluruh sekolah
2. Kepala Yayasan :
Ø Menyusun rencana program dan
kegiatan tahunan dengan melibatkan bagian tata usaha dan penanggung jawab
masing-masing program layanan (misalnya TK, KB, TPA, SPS).
Ø Mengorganisasikan dan mengkoordinasikan
pelaksanaan program yang dilaksanakan di lembaga PAUD Terpadu.
Ø Melakukan pengawasan dan evaluasi
seluruh program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga PAUD Terpadu.
Ø Melakukan kerja sama dengan berbagai
lembaga, organisasi, instansi, dan masyarakat dalam rangka peningkatan akses
dan mutu layanan PAUD di lembaga PAUD Terpadu.
3. Kepala Sekolah :
Ø Menyusun rencana program dan
kegiatan tahunan yang menjadi tanggung jawabnya, dengan melibatkan pendidik
PAUD.
Ø Mengorganisasikan dan mengkoordinasikan
pelaksanaan program pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, guru pendamping,
pengasuh.
Ø Melakukan pembinaan terhadap program
dan kegiatan yang diselenggarakan guru, guru pendamping, dan pengasuh.
Ø Melakukan kerjasama dengan
penanggung jawab program lainnya dalam rangka mutu layanan PAUD di lembaga PAUD
Terpadu
4. Guru Kelas A & B :
Ø Mengelolah
suasana didalam kelas
Ø Membantu
anak didik untuk belajar dan mengembangkan pengetahuannya
Ø Memberikan
atau menyampaikan materi pada anak didik
Ø Mengatur
jalannya pembelajaran di kelas.
5. Administrasi :
Ø Mengatur
seluruh keuangan yang ada di sekolah,
Ø Mengurusi
surat-persuratan yang dibutuhkan sekolah,
Ø Memberikan
layanan untuk seluruh pegawai dan keamanan di sekolah.
H. Calon Anak Didik yang Menjadi
Sasaran Lembaga PAUD
Sasaran utama untuk calon peserta didik
baru di TK LESTARI INDAH yaitu tidak lain dari masyarakat sekitar desa Leran
sendiri, dan untuk seluruh masyarakat dari desa-desa yang lainnya, mereka bebas
mendaftarkan putra – putrinya di TK LESTARI INDAH.
I. Sarana dan Prasarana yang Direncanakan
Dalam pembuatan sekolah sangat diperlukan sarana dan
prasarana pendidikan, agar proses pembelajaran dapat tersalurkan dengan baik
dan sempurna. Berikut uraian sarana prasarana :
SARANA
DAN PRASARANA
TK
LESTARI INDAH
NO.
|
SARANA DAN PRASARANA
|
NAMA BARANG
|
1
|
Jenis Ruangan dan
halaman
|
Barang yang sifatnya primer*)
|
1. Ruang pembelajaran
|
||
2. Halaman tempat
bermain di luar ruangan
|
||
3. Ruang kerja
pendidik
|
||
4. Ruang kerja
pengelola
|
||
5. Kamar mandi dan WC
|
||
Barang yang sifatnya sekunder**)
|
||
6. Ruang perpustakaan
|
||
7. Ruang tunggu
pengasuh
|
||
8. Ruang
istirahat/kesehatan
|
||
9. Ruang audiovisual
|
||
10. Ruang bimbingan
|
||
11. Dapur dan
perlengkapannya
|
||
2
|
Kelengkapan sarana
kerja dan pendukung pembelajaran
|
Barang yang sifatnya primer*)
|
1. Papan tulis,
kapur, spidol, dan penghapus
|
||
2. Meja, kursi atau
tikar alas duduk anak didik
|
||
3. Meja dan kursi
tenaga pendidik dan pengelola
|
||
4. Almari/rak
penyimpanan arsip
|
||
5. Rak/tempat tas dan sepatu anak
didik
|
||
Barang yang sifatnya sekunder**)
|
||
6. Rak buku
|
||
7. Rak sepatu
|
||
8. Timbangan badan
|
||
9. Termometer
|
||
10. Meteran Tinggi
Badan
|
||
3
|
Kelengkapan sarana
administrasi kependi-dikan
|
Barang yang sifatnya primer*)
|
1. Menu pembelajaran
|
||
2. SKH dan SKM
|
||
3. Buku kemajuan
belajar
|
||
4. Daftar hadir anak
didik
|
||
5. Daftar hadir
pendidik
|
||
6. Buku induk anak
didik
|
||
7. Daftar nilai
|
||
8. Buku administrasi
keuangan
|
||
9. Buku persuratan
|
||
-
|
||
|
Barang yang sifatnya sekunder**)
|
|
11. Buku tamu
|
||
12. Buku kegiatan
|
||
13. Buku mutasi anak
didik
|
||
14. Buku induk
pendidik
|
||
-
|
||
4
|
Ketersediaan Alat
Permainan Edukatif Luar Ruangan (outdoor)
|
1. Bak pasir
|
2. Balok jungkitan
|
||
3. Papan seluncur
|
||
4. Ayunan
|
||
5. Bola dunia
|
||
6. Panjatan/tangga
majemuk
|
||
7. Terowongan
|
||
-
|
||
5
|
Ketersediaan Alat
Permainan Edukatif dalam Ruangan (indoor)
|
1. Puzzle
|
2. Balok unit
|
||
3. Mandi bola
|
||
4. Kartu bergambar
|
||
5. Mozaik
|
||
6. Pohon angka
|
||
7. Boneka
|
||
8. Mobil-mobilan
|
||
9. Miniatur binatang
|
||
10. Tiruan alat-alat
masak
|
||
11. APE tradisional
|
||
6
|
Media Audiovisual
|
1. Komputer
|
2. Tape recorder
|
||
3. Radio
|
||
4. Televisi
|
||
5. VCD dll
|
||
7
|
Bahan Pustaka
|
1. Buku Cerita
|
2. Majalah anak
|
||
3. Buletin
|
||
-
|
||
8
|
Portofolio
|
1. Tempat menempel
hasil menggambar anak
|
2. Tempat meletakkan
benda-benda hasil kerja anak didik
|
||
3. Tempat meletakkan
foto-foto aktivitas anak
|
J. Jenis Pelayanan Yang Diberikan
Jenis pelayanan yang akan di sediakan
oleh TK LESTARI indah yaitu :
1.
Layanan
Kesehatan
Layanan kesehatan yang
direncanakan yaitu akan dilaksanakan setiap 2 bulan sekali, pada layanan ini
seluruh anak akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan, pemberian vitamin, dan
pemeriksaan kesehehatan lainnya. Hal ini bertujuan untuk membantu anak dalam
proses perkembangannya, selain itu guru dan orang tua dapat mengaetahui
sejauhmana anak dapat tumbuh dan berkembang. Sasaran utama yaitu seluruh anak
didik.
2. Layanan Bimbingan Konseling
Layanan bimbingan konseling ini
akan dilakukan setiap 3 bulan sekali, akan tetapi pada layanan ini bisa saja
dilakukan setiap saat jika ada masalah yang sangat penting. Layanan ini bertujuan
untuk membantu peserta didik, guru, dan orang tua untuk meyelesaikan masalah
dan sebagai masukan atau informasi bagi oran tua, agar hubungan anatara guru
dan orang tua terjalin dengan baik. Sasaran utama dari layanan ini yaitu untuk
peserta didik, orang tua dan guru.
K. Sumber Biaya dan Pembiayaan
Berikut adalah rencana anggaran pendapatan dan
belanja sekolah yang dibuat dan dirancang sebagaimana kebutuhan untuk sekolah.
RENCANA
ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH
(RAPBS)
TK LESTARI INDAH
NO URUT
|
JENIS KEGIATAN
|
VOL
|
SATUAN
|
HARGA
|
JUMLAH
|
1
|
· Kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1.1 Buku-buku pembelajaran PAUD
|
|
|
|
|
|
a.
Buku kegiatan.
(20.x Rp. 9.500)
|
|
|
1.900.000
|
|
|
b.
Majalah / Buku
Cerita
(20x Rp. 5.000x6bulan)
|
|
|
600.000
|
|
|
|
|
|
|
9.500.000
|
|
1.2 Peralatan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
a.
Krayon
(20x Rp.8.000)
|
|
|
160.000
|
|
|
b.
Buku tulis
(20x Rp.8.000x6bulan)
|
|
|
960.000
|
|
|
c.
Buku kotak besar
(20x Rp.6.000)
|
|
|
120.000
|
|
|
d.
Pensil
(20x Rp.3.000)
|
|
|
60.000
|
|
|
e.
Penghapus
(20x Rp.1.000)
|
|
|
20.000
|
|
|
f.
Lem
(20x Rp.5.000)
|
|
|
100.000
|
|
|
g.
Kertas origami 1 pack
(20x Rp.5.000x6bulan)
|
|
|
600.000
|
|
|
h.
Plastisin 1 pack
(20x Rp.5.000)
|
|
|
100.000
|
|
|
i.
Buku gambar
(20x Rp.3.000)
|
|
|
60.000
|
|
|
j.
Lembar kerja anak (foto copy)
(20x Rp.10.000)
|
|
|
200.000
|
|
|
k.
HVS (rim)
(4x Rp.30.000)
|
|
|
120.000
|
|
|
|
|
|
|
7.000.000
|
|
1.3 Kegiatan pertemuan dengan orang
tua/ wali murid
|
|
|
|
|
|
a.
Program parenting di lembaga
(Rp.100.00x6bulan)
|
|
|
600.000
|
|
|
b.
Kunjungan ke rumah anak
|
|
|
400.000
|
|
|
|
|
|
|
6.000.000
|
|
|
|
|
|
|
2
|
· Kegiatan pendukung
|
|
|
|
|
|
2.1 Penyediaan buku Administrasi
|
|
|
|
|
|
a.
Buku induk
(1x Rp.45.000)
|
|
|
45.000
|
|
|
b.
Daftar hadir guru
(12x Rp. 7.500)
|
|
|
90.000
|
|
|
c.
Blanko laporan bulanan
(12x Rp.7.500)
|
|
|
90.000
|
|
|
d.
Blanko formulir pendaftaran
(30x Rp.7.500)
|
|
|
225.000
|
|
|
e.
Blanko undangan
|
|
|
-
|
|
|
f.
Kertas HVS
|
|
|
-
|
|
|
g.
ATK (gunting, bolpoint,dll)
(6x Rp.7.500)
|
|
|
450.000
|
|
|
h.
Tinta cap
|
|
|
-
|
|
|
i.
Buku program pengajaran
(1x Rp.100.000)
|
|
|
100.000
|
|
|
j.
Buku RKM
(2x Rp.100.000)
|
|
|
200.000
|
|
|
k.
Buku RKH
(2x Rp.100.000)
|
|
|
200.000
|
|
|
l.
KTSP
(1x Rp.100.000)
|
|
|
100.000
|
|
|
|
|
|
|
4.500.000
|
|
2.2 Pembelian alat DDTK dan isi P3K
|
|
|
|
|
|
a.
Alat timbang badan
(1x Rp.100.000)
|
|
|
100.000
|
|
|
b.
Alat ukur tinggi badan
(1x Rp.100.000)
|
|
|
100.000
|
|
|
c.
Obat-obatan
(1x Rp.250.000)
|
|
|
250.000
|
|
|
d.
Perlengkapan kesehatan dan kebersihan (sapu,
tempat sampah, keset,dll).
(1x Rp. 350.000)
|
|
|
350.000
|
|
|
|
|
|
|
3.700.000
|
|
2.3 Biaya pertemuan guru
|
|
|
|
|
|
a.
Kegiatan pembinaan guru + kepala TK
(2x Rp.20.000)
|
|
|
40.000
|
|
|
b.
Iuran kelompok kerja gugus (KKG).
(2x Rp.20.00x12bulan)
|
|
|
480.000
|
|
|
c.
Iuran IGTK Kabupaten
(2x Rp.20.00x12bulan)
|
|
|
480.000
|
|
|
|
|
|
|
2.700.000
|
|
2.4 Transport pendidik
|
|
|
|
|
|
a.
Transport kecamatan 1 orang guru + 1 kepala TK.
(2x Rp.25.000x6bulan)
|
|
|
300.000
|
|
|
b.
Transport kabupaten 1 orang guru + 1 kepala TK.
(2x Rp.25.000x6bulan)
|
|
|
300.000
|
|
|
|
|
|
|
2.100.000
|
|
2.5 Penyediaan makanan sehat
|
|
|
|
|
|
a.
Kegiatan makanan sehat bersama.
(20x Rp.1.500x6bulan)
|
|
|
180.000
|
|
|
b.
Kegiatan makan camilan sehat bersama. (20x
Rp.1.000x6bulan)
|
|
|
120.000
|
|
|
|
|
|
|
1.800.000
|
|
|
|
|
|
|
3
|
· Kegiatan lain-lain
|
|
|
|
|
|
3.1 Perawatan sarana prasarana
|
|
|
|
|
|
a.
Pembelian cat tembok
(10x Rp.55.000)
|
|
|
550.000
|
|
|
b.
Pembelian semen
(10x Rp.65.000)
|
|
|
650.000
|
|
|
|
|
|
|
600.000
|
|
3.2 Penyediaan alat publikasi PAUD
|
|
|
|
|
|
a.
Pembuatan banner kegiatan
(5x Rp.40.000)
|
|
|
200.000
|
|
|
b.
Pembuatan nama TK
(1x Rp.100.000)
|
|
|
100.000
|
|
|
3.3 Langganan telepon/internet
|
|
|
|
300.000
|
|
a.
Biaya speedy. (Rp.50.000x6bulan)
|
|
|
300.000
|
|
|
|
|
|
|
0
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dewi Citra Resmi S.P)
LAMPIRAN
Kurikulum
2013 Pendidikan Anak Usia Dini dikembangkan
dengan mengacu pada
teori pendidikan berbasis standar dan kurikulum berbasis kompetensi.
Pendidikan berbasis
standar menetapkan adanya standar nasional sebagai kualitas minimal penyelenggaraan
pendidikan. Standar tersebut terdiri dari standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, standar
penilaian pendidikan,
standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar
pengelolaan, dan standar
pembiayaan. Proses pengembangan kurikulum secara langsung
berlandaskan pada empat standar yakni standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, dan standar penilaian pendidikan. Sementara itu, empat
standar lainnya dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung implementasi
kurikulum.
Kurikulum
berbasis kompetensi dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi anak untuk
mengembangkan kemampuan yang berupa sikap, pengetahuan, dan keterampilan
yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Dalam kurikulum 2013
ini juga sangat identic dengan model pembelajaran Sentra, sehingga dalam model
pembelajaran sentra sekolah harus benar-benar mempunyai dana yang lumayan
banyak untuk perlengkapan yang ada didalam Sentara tersebut. Selain itu guru
harus dituntut untuk lebih kreatif dan lincah saat mengajar.
Kurikulum
2013 Pendidikan Anak Usia Dini menerapkan pembelajaran dalam bentuk pemberian pengalaman belajar
langsung kepada anak yang dirancang sesuai dengan latar belakang, karakteristik,
dan usia anak.
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dirancang dengan
karakteristik sebagai berikut:
1.
Mengoptimalkan
perkembangan anak yang meliputi: aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik,
kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni yang tercermin dalam keseimbangan
kompetensi sikap, pengetahun, dan keterampilan;
2.
Menggunakan
pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam pemberian rangsangan
pendidikan;
3.
Menggunakan
penilaian autentik dalam memantau perkembangan anak;
dan
4.
Memberdayakan
peran orang tua dalam proses pembelajaran.
Tujuan
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yaitu untuk
mendorong berkembangnya potensi anak agar memiliki kesiapan untuk menempuh pendidikan selanjutnya.
Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
merupakan gambaran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada
akhir layanan PAUD usia 6 (enam) tahun.
Kompetensi Inti mencakup:
1.
Kompetensi
Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2.
Kompetensi
Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3.
Kompetensi
Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4.
Kompetensi
Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang kompetensi PAUD dapat dilihat pada
tabel di bawah ini:
KOMPETENSI INTI
|
|
KI-1
|
Menerima ajaran agama yang
dianutnya
|
KI-2
|
Memiliki perilaku hidup sehat,
rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri,
peduli, mampu menghargai dan toleran
kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri, tanggungjawab, jujur,
rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan
teman
|
KI-3
|
Mengenali diri, keluarga, teman,
pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara:
mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; menalar, dan mengomunikasikan melalui
kegiatan bermain
|
KI-4
|
Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia
|
Kompetensi
Dasar
Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam
konteks muatan pembelajaran, tema pembelajaran, dan pengalaman belajar yang
mengacu pada Kompetensi Inti.
Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan
karakteristik dan kemampuan awal anak serta tujuan setiap program pengembangan.
Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan
kompetensi inti yaitu:
1. Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual
dalam rangka menjabarkan KI-1;
2. Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam
rangka menjabarkan KI-2;
3. Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam
rangka menjabarkan KI-3; dan
4. Kelompok 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam
rangka menjabarkan KI-4.
Uraian dari
setiap Kompetensi Dasar untuk setiap kompetensi inti adalah sebagai berikut:
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
KI-1.
Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Mempercayai adanya
Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
|
1.2.
Menghargai diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
||
KI-2.
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan
diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik,
dan teman
|
2.1.
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
|
2.2.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
||
2.3.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
||
2.4.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
||
2.5.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
||
2.6.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan
sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.7.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran,
mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.8.
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
||
2.9.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika
diminta bantuannya
|
||
2.10.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada
orang lain
|
||
2.11.
Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri
|
||
2.12.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab
|
||
2.13.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
||
2.14.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada
orang tua, pendidik, dan teman
|
||
KI-3.
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi,
seni, dan budaya di rumah, tempat
bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera
(melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan
informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.1.
Mengenal kegiatan beribadah
sehari-hari
|
|
3.2.
Mengenal perilaku baik sebagai
cerminan akhlak mulia
|
||
3.3.
Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
|
||
3.4.
Mengetahui cara hidup sehat
|
||
3.5.
Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
||
3.6.
Mengenal benda-benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya)
|
||
3.7.
Mengenal lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
||
3.8.
Mengenal lingkungan alam (hewan,
tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
||
3.9.
Mengenal teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
||
3.10. Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
3.11. Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
||
3.12. Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
|
||
3.13. Mengenal
emosi diri dan orang lain
|
||
3.14. Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
||
3.15. Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
||
KI-4.
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
4.1.
Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
|
4.2.
Menunjukkan perilaku santun
sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
4.3.
Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
|
||
4.4.
Mampu menolong diri sendiri untuk
hidup sehat
|
||
4.5.
Menyelesaikan masalah sehari-hari
secara kreatif
|
||
4.6.
Menyampaikan tentang apa dan
bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk,
ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
||
4.7.
Menyajikan berbagai karya yang
berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat
ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan
gerak tubuh
|
||
4.8.
Menyajikan berbagai karya yang
berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
|
||
4.9.
Menggunakan teknologi sederhana
untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan
bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
||
4.10. Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
4.11. Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
||
4.12. Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
||
4.13. Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
||
4.14. Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
||
4.15. Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
Lama Belajar
1.
Lama
belajar
merupakan keseluruhan waktu untuk
memperoleh pengalaman belajar yang harus diikuti anak dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun. Lama belajar pada PAUD
dilaksanakan melalui pembelajaran tatap muka.
2.
Kegiatan
tatap muka di PAUD dengan lama belajar sebagai berikut.
a.
kelompok
usia lahir sampai 2 (dua) tahun dengan lama belajar paling sedikit 120 menit per
minggu;
b.
kelompok
usia 2 (dua)
tahun sampai 4 (empat) tahun dengan lama belajar paling
sedikit 360 menit per minggu; dan
c.
kelompok
usia 4 (empat) tahun sampai 6 (enam) tahun dengan lama belajar paling sedikit 900 menit per
minggu.
3.
Satuan
PAUD untuk kelompok usia 4-6 tahun yang tidak dapat melakukan pembelajaran 900
menit per minggu wajib melaksanakan pembelajaran 540 menit dan ditambah 360
menit pengasuhan terprogram.
Tabel Struktur Program Pengembangan
dan Lama Belajar PAUD
Program Pengembangan
|
Kompetensi
|
Lahir-2 tahun
|
2-4 tahun
|
4-6 tahun
|
|
1.
Moral dan agama
2.
Fisik-Motorik
3.
Kognitif
4.
Bahasa
5.
Sosial emosional
6.
Seni
|
A.
Sikap Spiritual
B.
Sikap Sosial
C. Pengetahuan
D. Keterampilan
|
120
menit per minggu
|
360 menit per minggu
|
900
menit per minggu
terdiri
atas
540
menit tatap muka dan 360 menit pengasuhan terprogram
|
900
menit per minggu 150 menit untuk 6 pertemuan per minggu atau 180 menit untuk
5 pertemuan per minggu
|
ijin merujuk ya
BalasHapusMohon ijin merujuk ya bu
BalasHapusIJIN COPAS
BalasHapusIZIN COPAS YA....
BalasHapusIzin Kopas Yach..!!
BalasHapusIzin copas y kak.
BalasHapusMohon izin merujuk ya kak, terima kasih.
BalasHapusIjin copas dan merujuk bu dewi🙏
BalasHapusijin copas ya ka trmksh
BalasHapusAssalaamualaikum... Izin Copas Bu...
BalasHapusizin copas. makasih telah membantu :)
BalasHapusMohon izin Copas Bu sebagai referensi.
BalasHapusTerima kasih.
Mohon izin Copas sebagai referensi. Terimakasih Bu.
BalasHapusMohon ijin copas ya ibu
BalasHapusbagus sekali mbak, mohon ijin merujuk ya.
BalasHapusIzin copas
BalasHapusMohon ijin copas
BalasHapusMohon ijin copas
BalasHapusizin kopas ya Kak
BalasHapusMOHON IJIN COPAS
BalasHapusmohon ijin copas
BalasHapusmohon izin copas
BalasHapusMohon ijin copas ya bu
BalasHapusijin copas ya bu...
BalasHapusIJIN COPY YA
BalasHapus